[INTERVIEW] JUNIEL @ Daily News

-Since you were young did you dream of becoming a singer?
Sejak kecil, apakah kamu bercita-cita menjadi penyanyi?

“When I was in grade school BoA sunbaenim was in “Want to know that” (a docushow) and I was moved. Since my father also likes music I think I naturally got fond of music since I was a child. Five years ago when I was in 2nd year of middle school I saw a recruitment announcement by FNC Music and I sent them a mail (not sure if it was an email since it was just 메일). Luckily I got a call and made and it was meant to happen. Before I was a trainee along with 5Girls members Uee and Yubin and others in Good Entertainment.”

“Saat aku SD, senior BoA ada di “Want to know that” (dokumentari show) dan aku tersentuh. Karena ayahku juga suka musik, kurasa secara alami aku menyukai musik sejak kecil. 5 tahun lalu saat aku kelas 2 SMP aku melihat pengumuman dari FNCMusic dan aku mengirim email ke mereka (tidak terlalu yakin apakah itu email, karena hanya tertulis 메일). Beruntungnya aku ditelepon dan semuanya terjadi begitu saja. Sebelumnya, aku trainee bersama dengan 5 anggota wanita Uee dan Yubin dan lainnya di Good Entertainment.”

You first debuted in Japan.
Kamu debut di Jepang lebih dulu.

“I first went there when I was 17 years old to study the language and music. Sometimes there’s someone from my agency in Japan who does grocery shopping for me and takes care of me but most of the time I was alone. I lived in a little one room apartment and ride the bus to my language academy.”

“Awalnya aku kesana saat berumur 17tahun untuk belajar bahasa dan musik. Kadang, seseorang dari agensiku di Jepang berbelanja kebutuhan sehari-hariku dan merawatku tapi kebanyakan waktu, aku sendiri. Aku tinggal di suatu ruangan apartemen kecil dan naik bis ke sekolah bahasaku.”
-In such a young age it seems hard to live as a student abroad.
-Di umur semuda itu sepertinya sulit untuk menjadi pelajar diluar negri.
“At first I was excited. I met various of musician in the indie scene , heard new styles of music and got along with them and enjoyed it. It was a satisfying time for me to keep on standing on stage of a small concert. But after 9months I missed my mother and felt homesick. Good thing my mother went to Japan and stayed for a week to watch me in concerts. Thanks to that I was able to gained strength and lasted for more than a year.”

“Awalnya aku senang. Aku bertemu banyak musisi indie, mendengar banyak macam musik dan berhubungan baik dengan mereka dan menikmatinya. Sangat memuaskan bagiku untuk tetap berdiri di panggung konser kecil. Tapi setelah 9bulan aku merindukan ibuku dan merasakan homesick. Bagus sekali ibuku datang ke Jepang dan tinggal selama seminggu untuk melihat koserku. Terima kasih, karena hal tersebut aku dapat mengumpulkan kembali kekuatan dan bertahan lebih dari setahun.”

-Seeing Boa you found your dream but you don’t dance instead you play the guitar.
Melihat BoA, kamu menemukan cita-ciamu tapi kamu tidak bisa menari, sebaliknya, kamu bermain gitar.

“In Japan I received dance training. Since I don’t have a big talent for dancing I didn’t even improve. Instead I improved a lot on my guitar skills. In my 3rd year of middle school I learned how to compose songs and I got more into it.”

“Di Jepang aku mendapatkan latihan menari. Karena aku tidak berbakat dalam menari, aku tidak berkembang. Sebaliknya, permainan gitarku berkembang pesat. Di tahun ketigaku SMP, aku belajar cara membuat lagu dan menyukainya lebih dalam lagi.”

-We heard that you won in a program like Superstar K.
-Kami dengar kamu memenangkan sebuah program yang mirip Superstar K

“I won in Njiiro Supernova. I’m not sure about the competitors but they said I won over a thousands of people. It wasn’t a vocalist audition but a singer-songwriter program and I was lucky to be 1st place.”

“Aku menang Niji Iro Supernova. Aku tidak yakin dengan pesaingnya tapi mereka bilang aku mengalahkan ribuan orang. Itu bukanlah audisi menyanyi tetapi audisi penyanyi-penulis lagu dan aku beruntung menjadi peringkat pertama.”

-What kind of an oppa is JungYonghwa?
– Kakak semacam apakah Jung Yonghwa?

“He’s a good kind of oppa that’s nice and takes care of me. Whenever I’m worried about something he gives advices. Since oppa writes songs as well mostly he gives a lot of advice on music. Not long ago I was worried about “I don’t know what’s mass appeal. I don’t know if the music I like will blend with the public’s taste.” and he said he also doesn’t have an answer to that himself. He said I just have to work hard.”

“Dia adalah oppa yang baik, baik dan merawatku. Kapanpun aku khawatir tentang sesuatu, dia memberiku masukan. Karena oppa juga menulis lagu, seringnya dia memberiku masukan tentang musik. Waktu lalu aku mengkhawatirkan tentang “aku tidak tahu apa itu daya tarik publik. Aku tidak tahu apakah musik yang aku suka akan sesuai dengan selera masyarakat.” dan dia berkata bahwa dia juga tidak tahu. Katanya aku hanya perlu berusaha keras.”

-You and IU are the same age who plays the guitar and have a lot in common. You are always compared.
-Kamu dan IU seumuran dan sama-sama bermain gitar dan banyak kemiripan. Kalian selalu dibandingkan

“Of course it’s something I’m thankful of. Surprisingly we met a few times when we were trainees. She was introduced by an unnie I know. I still remember that we went to Hongdae to watch a musical together and also we went to a noraebang (karaoke). It was before IU sunbaenim’s debut so she had a lot of dreams. Her favorite singer was Gummy sunbaenim so she told me to save her number as ‘Gummy Jieun’ and that was memorable. She also sang Gummy sunbaenim’s song in the noraebang.”

“Tentunya aku berterimakasih akan hal tersebut. Mengejutkannya, kami pernah bertemu beberapa kali saat trainee. Kami dikenalkan oleh unnie yang kukenal. Aku masih ingat saat kami ke Hongdae untuk melihat musikal bersama dan juga ke noraebang (karaoke). Itu sebelum senior IU debut jadi dia memiliki banyak impian. Penyanyi kesukaannya adalah senior Gummu jadi dia menyuruhku untuk menyimpan nomernya dengan nama ‘Gummy Jieun’ dan hal itu sangat berkesan. Dia juga menyanyikan lagu seior Gummy di karaoke.”

-We heard you have compositions in your album. Please introduce your album
-Kami dengar ada lagumy sendiri di albummy. Tolong perkenalkan albummu

“All the 4 singles I released in Japan are all my compositions. In my debut album in Korea ‘Illa Illa’ was KimDohoon and ‘Pabo’ was Jung Yonghwa’s compositions. The rest 3 songs are all written by me. ‘Illa Illa’ exactly fits my timbre and the feeling of modern pop style. I really like Yonghwa oppa’s song which is really pretty. He made it fit my range and make my voice standout. I think he’s really good at composing. I want to express this album as white. In the future I want to completely paint a picture with Juniel’s colors and I want to represent Korea as a singer-song writer.

“Seluruh 4 album yang aku rilis di Jepang adalah komposisiku sendiri. Di album debut korea ku ‘Illa Illa’ adalah milik Kim Do Hoon dan ‘Pabo’ adalah milik Jung Yonghwa. 3lagu lainnya ditulis olehku. ‘Illa Illa’  sangat cocok dengan warna nadaku dan membuat kesan modern pop. Aku sangat suka lagu dari Yonghwa oppa yang sangat indah. Dia membuatnya sesuai dengan cakupan nadaku dan membuat suaraku menonjol. Kurasa dia sangat hebat dalam membuat lagu. Aku ingin mengekspresikan album ini sebagain putih. Di masa depan aku ingin dengan lengkap mewarnai sebuah lukisan dengan warna Juniel dan aku ingin mewakili korea sebagai penyanyi-penulis lagu.”

 

CREDIT:
Korean-English trans by @byul3
English-Indo trans by chunghyuns@junieilindo

Source: Daily News

Tinggalkan Balasan

