[INTERVIEW] 120905 JUNIEL, the pure and enthusiastic “promised star” of the popular song world @ DC Inside

Source: DC inside
Japanese translation: JUNIELsupporter
Special thanks to: @ChickenEE
English Translation by: ylwshs12
I
ndo
trans by junielindo 

English article >> http://yellowshoes12.wordpress.com/2012/11/18/dcinside-interview/

====================================================

Disaat ada banyak gruo idola, JUNIEL semakin populer dengan lagu debutnya ‘Illa Illa’, menarik perhatian penggemar musik.

JUNIEL adalah pendatang baru, yang debut awal Juni ini dan telah melakukan aktifitasnya hanya dalam 2 bulan atau lebih. Dia berambut panjang bergelombang, dan sambil duduk dan bermain gitar, dia bernyanyi dengan suara yang kaya mengekspresikan betapa sucinya cinta pertama. Segera setelah JUNIEL menjadi lambang akan ‘cinta pertama’, beberapa orang mengkritik karena dia mirip dengan IU saat debut dan memanggilnya ‘IU Kedua’ atau ‘Kembaran IU’.

Jika kalian mencoba mendengarkan musik JUNIEL lebih detil lagi, kalian akan merasakan bahwa dia adalah penyanyi penulis lagu yang berbeda dari IU. Lebih lagi, belajar menulis lagu sejak kelas 3 SMP, dia memiliki lebih dari 20 lagu ciptaannya. Debut albumnya berisi 5 lagu dan 3 diataranya adalah ciptaanya sediri, menunjukkan bahwa dia adalah pemula yang berbakat.

Lebih lagi, JUNIEL diakui atas bakatnya di Jepang sebelum debut di Korea. Ketika dia masih pelatihan, dia pergi ke Jepang untuk belajar dan terus menambah kemampuannya melalui panggung-panggung kecil. Pada tahun 2010,  dia memenangkan juara pertama ‘Nijiiro Supernova’ yang disebut juga versi Jepang dari ‘Super Star K’. Dan juga, dia telah merilis 2 mini album indie dan dua mini album major di Jepang.

Juniel adalah pemula dengan kemampuan menyanyi dan bakat. Ayo terpikat oleh pesonanya.

<Profile>

Nama: JUNIEL (nama asli Choi JunHee)

Tanggal lahir: 3 September 1993

Debut: Mini album [My First June] tahun 2012

Karir: Juara satu Nijiiro Supernova tahun 2010

– Halo, kami dari DC Inside.

Halo, aku JUNIEL.

– Apakah kamu tahu DC Inside?

Ya, aku tahu.

– Dari mana kamu tahun DC?

Awalnya, aku tahu DC saat aku mendengar berita tentang kejadian-kejadian di bisnis pertunjukkan. Akhir-akhir ini aku kadang mencari namaku di internet dan ada beberapa teks tentang aku di DC juga.

-Kamu benar. Akhir akhir ini permintaan akan galeri Juniel di DC terus meningkat.

Benarkah? Sebelumnya saat aku di radio “Super Junior Kiss The Radio”, seorang penggemar mengatakan dia bekerja keras dalam membuat “Galeri Juniel”. Itulah. Terima kasih untuk kalian semua yang bekerja keras dalam “Galeri Juniel”.

-Saat Galeri Juniel dibentuk, kamu akan meninggalkan pesan kan?

Ya, tentu. Kuharap galeriku akan segera dibentuk (tertawa).

-Belakangan ini, dikatakan bahwa meskipun promosi Illa Illa telah berakhir, popularitasnya di tangga lagu msih terus meningkat. Menurutmu, apa alasannya? (DC user 헝헝이;ᄉ;)

Sepertinya, lagu ini masih bertahan dalam tangga lagu disebabkan oleh kesempatan baik yang didapatkan karena lagu ini menjadi lagu tema Choi Yun – Im Meari di drama SBS “A Gentleman’s Dignity”. Dramanya cukup populer, kan? Jadi, meskipun dramanya berakhir, sepertinya masih ada resonansi dan penggemar dramanya masih menyukai laguku.

-Apakah kamu menyangka lagu debut “Illa Illa” akan mendapatkan banyak perhatiaan seperti ini? (DC user “청소년의 품격”)

Aku tidak menyangkanya juga. Aku sangat bahagia.

-Kapan kamu menyadari bahwa lagu itu populer?

Sepertinya lagu “Illa Illa” lah yang terkenal, bukan aku. Sekarang, orang-orang mengingatku sebagai penyanyi yang menyanyikan ‘Illa Illa’, daripada JUNIEL. Kenyataannya, aku berjalan-jalan tanpa memakai topi, tapi tidak banyak orang yang mengenaliku. (tertawa). Jadi, aku belum merasa terkenal.

-Tapi, bukankah ada komentar-komentar online? Karena kamu sering mencari namamu, adakah komentar yang berkesan?

Setelah debut, aku melihat komentar seperti, “Aku mencoba mendengarkan album JUNIEL dan menemukan bahwa dia memiliki suara yang berbeda disetiap lagu dan tiap lagu memiliki aura yang berbeda dan karakternya sendiri.” Aku merasa senang dan puas.

-Di album debut “My First June”, ada 3 lagu dari 5 yang merupakan ciptaanmu sendiri. Sangat menganggumkan karena kamu menciptakan lagu di usia muda. Apa yang biasa menginspirasimu?

Aku masih harus belajar lebih lagi. Untuk inspirasi, aku tidak memiliki hal yang khusus. Semua yang ada di kehidupan sehari-hari dapt menginspirasiku. Saat aku melihat sesuatu dan merasakan sesuatu yang baik, aku akan menuliskannya.

– Kapan kamu mulai menulis lagu?

Saat aku masuk ke perusahaan ini (kelas 3 SMP), aku mulai mempelajari teori harmonisasi. Di kantor, aku dibujuk dan diberitahu bahwa “Untuk melakukan musik, paling tidak kamu harus mempelajari teori harmonisasi, kau tahu.” Dengan begitu aku mulai belajar teori harmonisasi. Meskipun aku tidak dapat belajar dengan detil, aku mengerti chord, aku dapat menulis lagu. Dengan mencoba banyak hal, aku sampai disini hingga saat ini.

– Jika kamu menilai bakat menciptamu, berapa nilainya?

Aku tidak yakin apakah ciptaanku baik atau tidak. Itu karena tiap pendengar dapat merasakannya dengan cara yang berbeda. Beberapa orang mungkin menemukan lagunya bagus dan yang lain merasa tidak. Aku mempertimbangkannya secara subjektif.

– Yang mana yang lebih kau sukai, komposing atau menulis lirik?

Sama saja karena keduanya menceritakan ceritaku, hanya saja dengan cara yang berbeda, Jadi, aku suka keduanya.

– Selain lagu yang paling terkenal, apa lagu yang paling berarti bagimu?

Kenyataannya, semua lagu adalah anakku, jadi tidak ada lagu yang penting dan tidak ada lagu yang tidak berarti. Tapi jika aku coba untuk memilih satu, lagu yang berjudul “Everlasting Sunset”. Aku manruh perasaanku yang sesungguhnya dalam lagu itu, jadi aku menyukainya. Dan juga, kudengar fansku sangat menyukainya.

-CNBLUE Jung Yonghwa dari agensi yang sama berpartisipasi di album ini sebagai produser. Apa yang terjadi?

Tidak hanya baik, Jung Yonghwa sangat sangat baik padaku. Yonghwa-oppa dan aku masuk ke agensi ini di hari yang sama, tapi aku 2 jam lebih dulu (tertawa). Menghabiskan waktu bersama sebagai siswa latihan, kami diberitahu jika akan luar biasa jika kami bekerjasama suatu hari. Seperti ini, kami bekerja sama dalam album pertamaku kali ini. Rasanya aneh tapi luar biasa. Karena kali ini dia memproduksi , Aku merasa secara musikalitas dia sangat berkembang banyak.


-Kami dengar MV “Babo (Fool)” yang berduet dengan Jung Yonghwa telah ditonton lebih dari 400,000 kali dalam sehari

Atas segala hal tersebut, harus berterima kasih pada Yonghwa-oppa. Kenyataannya, itu adalah lagu duet. Meskipun lagunya bagus, tapi Yonghwa-oppa menampilkan tubuh yang baik di MV. Kelihatannya, hal tersebut yang paling mempengaruhi jumlah pemirsa (tertawa).

-Sebagai siswa latihan yang masuk agensi 2 jam lebih dulu, apakah kamu merasa frustasi melihat CNBLUE debut dan sukses labih dulu darimu?

Aku tidak frustasi. CNBLUE itu seperti kakak laki-laki ku. Melihat kakakku semakin terkenal sedikit demi sedikit, aku merasa “seperti perkiraanku, mereka adalah kakakku”. Jadi aku puas. Tidak ada rasa frustasi, malahan aku berlatih lebih giat sambil berpikir “Aku akan debut suatu hari”.

-Adakah alasan kenapa kamu merilis album debut di umur 20?

Itu tidak direncanakan dengan maksud tertentu. Setelah aku berlatih keras, sekarang aku mendapat kesempatan.

-Aku tahu kamu telah aktif di Jepang sebagai penyanyi penulis lagu dan belajar disana hingga tahun lalu, dan kamu melakukan debut di korea. Aku penasaran, bagaimana kamu memulai karir di Jepang sebelum Korea.

Setelah aku memasuki agensi ku sekarang, Aku bermain alat musik dan bernyanyi. Sebelum aku pindah ke Jepang, ada beberapa kasus (di Korea) dimana orang bermain alat musik tampil di TV. Di Korea, aku sangat menyukai musik indie dan mendengarkannya, tapi saat musik indie tidak sebanyak sekarang. Saat itu di Jepang banyak orang yang bernyanyi sambil bermain alat musik, dan band indie berkembang labih besar. Jadi aku ingin belajar di Jepang. Tiba tiba, agensi ku menawarkanku “kenapa kamu tidak belajar di Jepang?”Kemudian aku menjawab “Aku akan pergi” tanpa keraguan. Aku merilis 2 mini album indie di Jepang dan bernyanyi di klub kecil selama setahun. Dengan begini, aku lebih berpengalaman dan memiliki penggemar. Dan juga setelah debut major, bukan hal yang aneh jika seseirang sudah dikenal dengan bermain di kafe-kafe kecil.

– Kami tahu kamu memenangkan program audisi di Jepang. Bagaimana ceritanya kamu berpartisipasi di audisi Jepang, bukan Korea?

Aku tidak pernah berpikir untuk ikut audisi di Jepang. Aku datang ke Jepang memikirkan apa yang harus kuperlajari lagi. Direktur agensiku di Jepang berkata “Ada semacam audisi, jadi aku coba ikuti”. Aku mengikutinya begitu saja.

-Kami dengar audisi Jepang sedikit berbeda dengan gaya Korea.

Itu adalah audisi yang diselenggarakan oleh majalah, jadi tidak ditayangkan di TV seperti audisi Korea. Jadi seperti ini, jika kamu mendapat kabar “kamu lulus, tolong datang lagi”, kamu datang lagi untuk menyanyi dan pulang, kemudian jika kamu mendapat kabar lagi, kamu datang dan menyanyi lagi. Seperti turnamen.

-Apa hadiahnya? Apakah itu membantu aktifitasmu di Jepang setelah itu?

Hadiahnya adalah kontrak dengan EMI JAPAN untuk rilis album. Foro di majalah dan wawancara juga. Karena itu diselenggarakan oleh majala, jadi tidak seperti Korea, tidak tayang di TV.

-Apakah kamu ingin mengadakan konser kecil di Korea seperti saat kamu di Jepang?

Meskipun aku belum berpengalaman, Aku sangat menginginkannya. Aku sangat suka melakukan konser kecil di Jepang.

-Kamu bilang kamu suka musik Indie Korea. Apakah ada penyanyi atau band favorit?

Aku sangat suka senior Yozoh. Dia sangat populer saat itu. Dan aku sangat menyukai musik dari Peppertones dan musik dari Toy juga.

-Akhir akhir ini musik indie sedang populer. Tapi saat itu kamu menyukai musik yang tidak seperti remaja di umurmu, kami dengar.

Ya. Jika aku bilang aku suka musik dari seseorang, temanku bertanya “siapa itu?” Jadi aku jarang berbicara soal musi dengan teman. Aku biasa mencari musik jenis itu sendiri dan mendengarkannya dengan sering.

-Apakah ada alasan kamu menyukai musik indie?

Karena aku bermain alat musik, Aku mulai mencari musik jenis itu. Jika kamu melihat di internet, musik dibedakan dengan genre. Karena aku mencari yang bisa dimainkan dengan gitar, Aku semakin tertarik dengan musik indie.

-Berapa tahun kamu berada di Jepang?

Sekitar 2 tahun.

-Apakah kamu mengikuti sekolah di Jepang?

Tidak, aku ikut SMA di Korea, meninggalkan banyak absen. Di Jepang aku mengikuti sekolah bahasa. Aku sebenarnya 20 tahun, tapi aku baru kembali sekolah dan sekarang kelas 3 SMA.

-Kami dengar orangtua mu tidak melawan impianmu, dan meraka membantumu menjadi penyanyi.

Ya. Ayahku awalnya bermimpi menjadi penyanyi, jadi dia sangat berharap aku mencapai impianku. Dan, ibuku selalu menyuruhku melakukan yang kuinginkan, jadi dia tidak menentangnya. Jadi, mereka selalu membantuku melakukan yang kusukai jika memungkinkan. Karena aku ingin menjadi penyanyi, mereka mendukungku, menyuruhku berusaha keras,

-Di wawancara lain, katamu kamu tidak bisa menari. Jika dibandingkan, mana yang lebih sulit menari atau menciptakan lagu?

Aku benar-benar tidak bisa menari. Jika saja aku dapat menggerakkan badanku seperti yang kuinginkan, aku ingin menari. Sepertinya menari lebih sulit untuk saat ini (tertawa).

-Akhir akhir ini, bahkan penyanyi ballad juga menari untuk bakat pribadi di variety show. Apakah ada persiapan untuk itu?

Tidak, aku tidak belajar menari untuk bakat pribadi atau tidak dapat melakukannya. Sambil mempersiapkan siaran rutin radio, Aku memperhatikan pertunjukan live nya, Jadi tidak ada waktu untuk hal lain.

-Kami jarang melihatmu di variety show, apakah ini strategi?

Bukan strategi, tapi aku masih pendatang baru dan bukan seseorang yang berakting lici. Jadi, variety show sedikit menakutkan dan sulit. Biasanya aku jarang berbicara dan tidak bisa menceritakan kisah lucu juga.

-Mulai dari sekarang, pasti ada kesempatan untuk tampil di acara hiburan, dan pasti ada saatnya kamu harus membuat suatu watak. Bagaimana kamu menerimanya? (DC user ‘차림토’)

Aku belum memikirkannya, tapi jika aku memulai variety show, daripada membuat watak dan menunjukkannya, Aku ingin orang melihat siapa aku sebenarnya. Jika aku dipaksa untuk menciptakan suatu watak, akan menjadi lebih aneh dan aku akan bingung juga. Aku tidak bisa berperan ganda (tertawa) Jadi sepertinya akan sedikit susah untukku.

-Ada sebuah evaluasi bahwa kamu memiliki “vokal yang kaya dan menarik” yang tidak dapat dipercaya di umur yang muda. Apa pendapatmu tentang suaramu?

Aku suka suaraku. Saat aku menulis lagi, aku harus mendengarkan suaraku. Saat aku dengan suaraku, aku berpikir “Aku suka ini” (tertawa).

-Aku tidak yakin dengan penyanyi lain, tapi biasanya orang biasa merasakan suaranya sendiri canggung. Sepertinya kamu tidak.

Benarkah? Kurasa suara semua orang itu bagus, tidak ada yang buruk dan termasuk kepribadian. Jadi bukannya seharusnya kita percaya diri dengan suara kita dan menyukainya?

-Kelihatannya kamu memiliki gaya vokal yang bercampur, Bagaimana kamu melatihnya? (DC user ‘세라토린’)

Tidak memikirkan teknik atau merencanakan yang akan kulakukan, Aku menyanyi dengan bagaimana aku ingin mengekspresikannya, seperti saat aku menulis lagu, “Aku ingin menyanyikan lagu dengan aura seperti ini”.

-Adakah metode khusu untuk menjaga tenggorokanmu?

Aku tidak suka udara dari AC, jadi aku mencoba untuk tidak mendapat udara tersebut. Aku minum air dengan sering dan jika pilek, aku tidur dengan leher ditutupi handuk di malam hari. Dengan menjaga leherku hangat, aku menjaga tenggorokkanku.

– Sejak kapan kamu manrik perhatian orang dengan menyanyi?

Sejak kecil, aku dikontrak dengan pengaruh musik dibawah ayahku. Aku diberitahu bahwa aku memiliki telinga yang bagus dalam musik sejak umur 3 atau 4 tahun. Tapi sebenarnya, aku tidak ingin menjadi penyanyi. Aku hanya suka menyanyi dan akan sering menyanyi dengan senang. Dengan menyanyikan lagu yang kusukai, aku telah terus menyanyi hingga sekarang dan sampai disini. Aku tidak berbakat alami ataupun berlatih setengah mati. Aku hanya menyanyi dan berlatih dengan senang, kurasa.

– Sebagai siswa latihan, pernahkah kamu hampir putus asa atau ragu?

Aku dengar homesick akan terjadi setelah 3 bulan sejak ke Jepang. Tapi aku tidak merasakannya setelah 3 bulan. Sambil berpikir “aku tidak seperti itu”, aku hidup dengan lebih ringan. Setelah 9 bulan berlalu, suatu hari aku berbaring di kasur sendirian, aku merasa “Apa yang kulakukan?”. Sedikit sulit. Menderita karena perasaan itu, aku menelepon ibuku dan berkata “ini sulit” dan katanya dia akan datang mengunjungiku untuk melihat pertunjukanku di Jepang. Lali di adatang ke Jepang dan tinggal selama seminggu, kami berbincang lalu masalahku terselesaikan.

-Setelah merilis debut album, untuk siapa albumnya?

Aku memberikannya pada orangtuaku pertama kali. Mereka menyukainya. Mereka ingin dan penasaran kapan aku debut di Korea saat aku rilis album di Jepang. Saat aku merilisnya, kuberikan pada mereka, katanya aku melakukannya dengan baik.

-Apakah kamu merasa tertekan melakukan aktifitas solo?

Saat aku duduk di ruang tunggu sebelum naik panggung, girl group lain bermain bersama. Saat melihat mereka, aku berpikir begitu. Tapi aku merasa aktifitas solo tidak begitu cocok denganku dan aku juga tidak ingin ikut girl group. Hingga AOA debut, aku satu satunya wanita di agensiku. Jadi aku menghabiskan cukup banyak waktu sendirian dan terbiasa dengan itu. Karena itu aku tidak begitu kesepian.

-Saat kamu stres tentang musik, bagaimana kamu keluar dari itu?

Sepertinya aku belum pernah stress karena musik. Sejak kecil hingga sekarang, untuk menyanyikan lagu adalah mainan untukku.

-Lalu, kadang kamu stres dengan kehidupan sehari-hari, iya kan?

Aku adalah orang yang positif dan tidak sering stres dengan kehidupan sehari-hari, saat ada masalah, aku akan berbicara dengan ibuku.

-Apakah kamu senang pergi karaoke?

Tidak, aku tidak terlalu suka karaoke.

– Kenapa?

Aku mempersiapkan diriku untuk menjadi penyanyi dan menyanyi sejak kecil. Jadi, jika pergi karaoke dengan teman, hawanya seperti “ayo lihat seberapa bagus” tidak seperti “ayo bermain”. Itu membuatku terbebani sedikit dan aku tidak suka. Jadi, aku berhenti pergi ke karaoke.

-Apa lagu kesukaanmu yang kamu suka nyanyikan?

Akhir akhir ini aku suka menyanyikan lagu dari Kim Dong Ryil “Old Song”.

-Adakah genre yang kau sukai?

Meskipun aku melakukan ballad sekarang, mungkin karena aku terkoneksi dengan musik band indie sejak kecil, aku suka rock. Khususnya hard rock. Sebenarnya aku tidak sering mendengarkan ballad, aku lebih suka musik penuh semangat seperti rock.

-Akankah kamu merilis lagu rock?

Meskipun aku suka itu, tapi mungkin agensiku tidak suka (tertawa).

-Kami dengan ada gitar yang spesial untukmu. Jika ada kisah bagaimana kamu menyukai gitar itu, tolong ceritakan.

Namanya “Bbanini”, alat musik yang kubeli pertama kali. Aku melakukan semua aktifitas di Jepang dengannya. Di debut ini, aku mulai membawa teman baru, tapi gitarnya butuh waktu untuk lebih dekat. Aku sangat merasa Bbanini seperti teman lama.

-Adakah alat musik lain yang bisa kau mainkan?

Aku tidak bisa main piano dengan baik, tapi aku dapat menyanyi sambil menekan chord. Aku akan belajar lebih lagi.

-Setelah memutuskan untuk menjadi penyanyi, adakah momen dimana kamu berpikir “Pilihan yang tepat untuk melakukan pekerjaan ini”?

Itu adalah yang selalu kurasakan. AKu merasa demikian saat merilis album pertama di Jepang dan saat merilis album di Korea. Ini benar-benar kepuasanku dan menyenangkan.

-Apa keunggulanmu?

Kepribadian happy-go-lucky ku adalah keunggulan dan kelemahanku. Aku selalu tidak memikirkan apapun. Saat harus gugup, aku bersikap santai sih.– Tidakkah kamu gugup di panggung?

Tidak begitu. Tapi, aku gugup di saat lain. Aku tampil di YHY Sketchbook. Aku sangat berharap untuk melihat senior Yoo Hee Yeol dan aku menyukainya. Berbicara dan menyanyi di depannya, aku gugup. Seperti rentetan kegugupan. Dan juga saat mengunjungi Senor BoA, aku gugup juga. Aku membawakan imipianku menjadi penyanyi sambil menemuinya. Hatiku seperti akan keluar karena berdiri di tempat yang sama dengan idolaku di panggung yang sama denganku.

-Apa yang kau bicarakan dengan BoA?

Saat itu senior BoA sangat sibuk dengan persiapan panggung. Aku menunggu di depan ruang tungga dan berlari memberikanya CDku dan menyapanya, lalu dia berkata “Terima Kasih”.

-Kami menyesal karena aktifitasmu berakhir saat BoA sedang ditengah aktifitasnya sekarang.

Aku menyesal juga. Kudengan senior BoA akan tampil di minggu terakhirku. Jadi, aku melihatnya hanya sekali. Aku menyapanya dan aku melihatnya penampilannya di ruang tunggu, jadi aku merasa berterima kasih hanya dengan itu.

-Akhir akhir ini, periode aktifitas penyanyi menjadi pendek. Apa pendapatmu?

Sepertinya banyak penyanyi muncuk dan mereka kekurangan panggung. Mereka menyiapkan dengan keras, jadi mereka harus mendapat kesempatan untuk berdiri di panggung juga. Itu sangat baik karena orang-orang dapat melihat banyak musik.

-Jika kamu menyebutkan senior yang kau inginkan untuk berada di satu panggung suatu hari, siapa itu?

Aku telah mengatakannya di banyak tempat. Tentunya aku ingin berdiri di panggung yang sama dengan Peepertones.

-Kamu telah melihat banyak musisi, mana yang paling menarik perhatian?

Saat aku melihat senior Yoo Hee Yeol, dia hebat. Dan senior Lee Sora juga, aku melihatnya secara langsung dan merasakan aura yang hebat. Melihatnya menyanyi “The Wind Is Blowing”, yang dinyanyikan di “I am Singer”, aku penasatan bagaimana bisa dia menyanyikannya seperti itu. Benar-benar luar biasa melihatnya secara langsung.

-Banyak orang mempedulikan tipe pria idamannya. Apa menurutmu yang paling penting saat melihat pria?

Pria idamanku adalah pria dengan suara yang bagus. Aku suka senior SunKyoon dan aku suka senior Cha SeungWon juga. Dan juga senior Song Joongki terlihat tampat, jadi dia tidak dikenal dengan suara yang begitu baik tapi aku merasa suaranya bagus. Aku suka dia juga.

-Pernahkah kamu mengunjungi akademi militer dan menghibur mereka? Seseorang mengatakan bahwa lagu terakhir yang didengarkannya sebelum masuk akademi militer adalah lagumu dan akan luar biasa jika kamu datang untuk tampil. (DC user ‘카라빱’)

Selama mereka mengundangku, aku akan datang. Aku akan berterima kasih jika mereka suka laguku dan aku akan mengunjungi mereka dan membuat mereka mendengarkanku menyanyi.

-Apakah kamu aktif di social media?

Aku menggunakan twitter. Meskipun aku menulis kalimat, tapi sepertinya aku menulis hal yang tidak penting, malah mungkin lebih parah. jadi aku hanya membaca dan melihat isu yang beredar dan responnya.

-Apakah kamu mencari dan membaca komen yang buruk?

Ya. Tapi aku tidak peduli. Semua orang dibesarkan secara berbeda dan semuanya memiliki pandangan yang berbeda. Aku juga. Berpikir “Itu mungkin juga dilihat secara seperti itu”, aku melewatkannya.

-Karena kamu mulai beraktifitas di Jepang sebagai siswa SMA, kamu mungkin tidak memiliki banyak teman di Korea?

Aku memiliki sahabat yang kukenal sejak SD dan juga teman dekat di SMA. Aku masih merasa nyaman dengan teman sekolah daripada artis.

-Apa yang kau lakukan saat kesepian?

Melakukan kesibukan akan melupakan kesepian. Bukan melakukan sesuatu tapi aku suka berpikir sendiri. Saat aku memikirkan ini dan itu dan lainnya sendiri, aku tidak merasa kesepian. Saat aku bosan, waktu berlalu dengan cepat sambil melakukan sesuatu dengan komputer/internet.

-Selain musik, adakah hobi atau keahlian lain?

Aku suka mendaki gunung. Meskipun aku belum sempat melakukannnya kahir akhir ini, tapi saat masih siswa latihan, aku sering mendaki.

-Di umur 20, pasti ada banyak hal yang ingin kau lakukan. Selain penyanyi, apa yang paling ingin kau lakukan sebagai orang biasa?

Aku ingin berjalan-jalan ke suatu tempat sendiri. Nyatanya, aku ingin mendapat ijin mengemudi, menyetir mobil dan pergi sendiri, tapi aku belum punya. Aku tidak ada waktu sekarang. Suatu hari aku akan berjalan-jalan sendiri baik di Korea atau luar negeri.

-Ulang tahunmu tanggal 3 September. Adakah sesuatu yang kau inginkan sebagai kado?\

Biasanya, sebulan sebelum ultah, aku akan menceritakan cerita seperti “di ultahku bulan depan…”, tapi aku tidak dapat melakukannya karena ultahna sudah dekat. Aku sedih merayakan dan menerima hadiah hanya karena hari lahirku. Jadi, sering aku melewatkan ultahku diam-diam. Tidak ada hal khusus yang kuinginkan. Karena itu tidak masalah, jika aku ingin sesuatu, aku akan membelinya.

-Kapan album berikutnya akan keluar? Tolong beritahu kita rencana berikutnya.

Aku mempersiapkannya sedikit demi sedikit, tapi aku akan memberitahu tepatnya. Dan juga, meskipun aktifitas resmiku berakhir, aku akan tetap menyanyi jika aku ada kesempatan untuk berdiri di panggung yang baik.

-Di masa depan, sebagai apa kamu ingin diingat?

Setelah 10 atau 20 tahun berlalu, akan uar biasa jika namaku dikenal sebagai penyanyi penulis lagu terbaik di Korea. Bukan 10 atau 20, tapi setelah beratus-ratus tahun berlalu, akan liar biasa jika namanu ditulis disebuah halaman tentang buku sejarah musik populer.

-Terakhir, beri pesan untuk penggemar.

Aku sangat menghargai karena kalian mencintaiku meskipun aku hanya pendatang baru. Aku akan melakukan musik yang bagus mulai sekarang, aku mengharapkan ketertarikan dan cinta kalian.

Belakangan ini, jika kalian melihat penyanyi baru tampil seksi dan mereka biasa menunjukkan karismanya. Lebih lagi mereka berebut tampil di variey show yang disebut sebagai “hal yang harus” untuk penyanyi baru dan mereka menujukkan bakat secara berlebih agar mereka dikenal.

Di sisi lain, penyanyi penulis lagu baru, JUNIEL jarang terlihat di variety show tapi music show. Jika ditanya apa alasannya, dia akan menjawab “Aku tidak bisa berperan ganda” dan “Sulit untukku membuat watak luar”. Dari Juniel, kita daoat merasakan kesucian yang mengingatkan kita akan cinta pertama, seperti liril lagunya. Melihatnya membuka dunia musik diam-dima tapi jujur, Aku merasa ingin memeluknya dan tersenyum seperti kakak perempuan melihat adiknya. Aku mencoba mengharapkannya menjadi penyanyi penulis lagu yang diingat dianara masyarakat dalam waktu lama, dibanding dia menjadi penyanyi yang bersinar di dunia musik populer.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s